PKS Jombang Adakan Lomba Baca Kitab Kuning

PKS Jombang : Ada suasana berbeda di DPD PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Jombang, Minggu (18/6). Pasalnya, PKS Jatim wilayah 8 (Jombang, Kota/Kab Mojokerto, Nganjuk, Kab/Kota Madiun) mengadakan lomba baca kitab kuning yang bertempat di Sekretariat DPD PKS Kabupaten Jombang.

Lomba itu diikuti peserta dari berbagai pondok pesantren di beberapa wilayah.
Turut hadir para ketua DPD, kemudian Ketua DD (Dewan Dakwah) VIII, Rochmad Abidin, serta Ketua DPW PKS Jatim Arif Hari Setiawan.

Dalam sambutannya, Arif mengatakan, PKS adalah partai yang menaruh perhatian tinggi terhadap pengembangan tradisi khazanah intelektual Islam. Termasuk kitab kuning yang merupakan karya ilmuwan islam dari banyak negara. Kitab itu pula yang selama ini menjadi rujukan kalangan pesantren.

“Kitab kuning menjadi sumber ilmu dan rujukan bagi seluruh umat Islam, termasuk umat di Indonesia. Salah satunya kitab Fathul Mu’in yang dilombakan adalaj karya Syekh Ahmad Zainuddin bin Abdul Aziz Al Mabari Al Malibari Al Fananni Asy Syafi’i”, ujar Arif yang juga ketua fraksi PKS DPRD Jatim.

Oleh karena itu, dengan adanya lomba baca kitab Klkuning, Arif berharap para santri dan generasi muda pada umumnya, terdorong untuk memasyarakatkan tradisi membaca kitab klasik tersebut . “Ini sekaligus sebagai salah satu upaya menghargai karya ulama,” kata Arif

“PKS ingin generasi muda di Indonesia menekankan rasa cintanya terhadap ulama dan ilmu-ilmu klasik Islam. Bahwa ulama punya peran penting dalam menjadi mata rantai ajaran Rasulullah. Sehingga, PKS memberi tempat bagi para lama salafus sholih dalam peta bumi intelektual Islam di Indonesia,” sambungnya.

Dari beberapa tamu yang hadir tampak KH Syuhada’ Syarkun (Pesantren Salafiyah Tebuireng Jombang), KH Lutfi Sahal, Lc. (pengasuh Pondok Pesantren Khoiriyah Seblak, Cukir, Jombang) dan DR. Ahmad Syakur, Lc.MEI. (Dosen STAIN Kediri) yang notabene sebagai juri lomba. (Hms)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*